Wednesday the 23rd - Copyright © 2015 Ehipassiko School - Web Developed By Team IT Ehipassiko
  • Sekolah Buddhis terakreditasi "A" oleh BAN-SM

  • Keyakinan sumber kesuksesan

  • Tidak melupakan kompetensi

  • Penerapan kreativitas

  • Memupuk kepercayaan diri

  • Melatih rendah hati

Senin, 10 Juli 2017 bertempat di ECOCAMP Bandung Jawa Barat, Semua guru dan staff Ehipassiko School BSD berlatih budaya sadar penuh atau lebih dikenal dengan Mindfulness. Pelatihan yang ditujukan untuk Guru dan Staff Ehipassiko Tangsel berjalan dengan lancar dan Sukses.

Adapun hal-hal yang dipelajari di ECOCAMP adalah sebagai berikut :
1. Meditasi Minum Teh
Meditasi minum teh dimulai ketika kita pertama kali datang di ECOCAMP. Kegiatan ini bertujuan agar kita dapat menikmati minum teh secara mendalam. Jadi teknisnya adalah semua guru diberikan segelas air teh,kemudian sebelum diminum kita merenungkan tentang tehtersebut yang memang teh tersebut hadir didepan kita itu membutuhkan banyak sekali komponen kehidupan, seperti petani, alam semesta, pedagang, teman-tem kita , hal ini bisa melibatkan mungkin bisa ratusan, atau bahkan ribuan orang dalam prosesnya hingga didalam gelas kita. Kemudian setelah merenungkan hal tersebut kita minum dengan penuh kesadaran dan bersyukur.


2. Presentasi tentang Alam Semesta


Di EcoCamp kita diajarkan betapa besar alam semesta ini memberikan asupan baebagai macam kebutuhan manusia, seperti makanan, oksigen, air, dll. Hal tersebut membuat guru dan staff lebih paham secara ilmiah apa yang sudah disampaikan oleh pihak ECO CAMP kepada kita semua. Jadi kita dapat mengerti betapa pentingnya kita menghemat energi dalam kehidupan kita sehari-hari.

3. Permainan Teamwork
Setelah kita mendengarkan dan melihat presentasi tentang alam semesta yang begitu besar membantu kehidupan manusia,saatnya kita bermain dengan alam semesta yaitu dengan mengadakan permainan TeamWork agar gambaran Ehipassiko School sebagai kapal besar, dan kita semua adalah awak kapalnya dapat dengan sepakat dan searah dengan tujuan kapal akan berlayar. Permainannya sangat mengesankan dan memberikan semangat dan kekompakkan dari seluruh guru dan staff Ehipassiko School.


4. Makan dengan Hening

Setelah istirahat dan mandi kemudian kita diajak untuk makan dengan hening,terlihat sangat rapih, tertib, dan disiplin semua guru dan staff Ehipassiko School setelah diarahkan dari panitia. Dalam mengambil makanan dan budaya antri, kemudian setelah mendapat makan mereka tidak langsung makan, namun setelah semua peserta mendapat makan, dan tidak ada lagi yang mengambil makanan di tempat makan, barulah kita dapat makan bersama, dan itu pun diarahkan oleh panitia dengan merenungkan betapa alam semesta ini sangat berjasa untuk kehidupan manusia, karena dapat memberikan makanan ini dengan baik dan sempurna. Ketika makanan mereka makan dengan hening dan menikmati makanan tersebut selama 6 menit. Setelah 6 menit semua peserta dipersilahkan menambah makanan dan berbicara sesama teman seperlunya. Wah luar biasa semoga hal ni dapat kita terapkan di Ehipassiko School BSD.


5. Berkebun

Setelah bangun tidur dipagi hari, kita semua berkebun untuk menikmati segarnya pagi hari. Alam semesta yang segar dan suasana alam yang sejuk, serta suara alam yang merdu membangkitkan semua peserta untuk berkebun sambil bersenda gurau. Betapa bahagianya peserta, karena suasana tersebut jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga hal ini menjadi inspirasi untuk kita semua.


6. Menyusun Value Sekolah


Setelah selesai acara dari ECOCAMP, kemudian dilanjutkan dengan Acara dari Team Building Ehipassiko School BSD. Acara tersebut ditujukan untuk membuat Value Sekolah yang nantinya akan diterapkan disekolah. Dimulai dengan acara Evaluasi Diri Sekolah, kemudian menuju pada perencanaan Program Sekolah, dan terakhir ditutup dengan pembuatan Value Sekolah yang dibuat langsung oleh Guru da Staff Ehipassiko School BSD. Setelah selesai Data tersebut akan disusun kembali oleh Yayasan Pancaran Dharma Ratana, selaku yayasan yang menaungi Ehipassiko School untuk direvisi dan kemudian dijadikan Value Ehipassiko School.

Semoga kegiatan ini membawa dampak positif di lingkungan sekolah Ehipassiko Tangsel yang memang sekolah ini mendeklarasikan sebagai sekolah Karakter. Karakter yang diambil mulai dari Nilai-Nilai Buddhis Universal, Budaya Humanis, 7 Habits, dan Mindfulness. Semoga Karakter yang dimiliki siswa-siswi Ehipassiko Tangsel dapat menjadikan awalan prestasi yang sempurna bagi kehidupan mereka nantinya. Karena Karakter merupakan fondasi penting untuk kesuksesan yang sesungguhnya.

 Jurnalis : Roch Aksiadi

Pengunjung

Hari Ini80
Kemarin233
Minggu Ini579
Bulan Ini4400
Total142376

User Online

3
Online