INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Selamat Datang di website Ehipassiko School

Innovative Leader Starts Here

 

                                                                                                                                       Jurnalis: Ellen Conny

                                                                                                                                       Fotografer: Tim EES BSD

 

Pukul 7 pagi, hari Jumat tanggal 30 Agustus 2019, para siswa SMP dan SMA sudah melakukan apel pembukaan dalam rangka mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Dalam dua hari satu malam, mereka akan ditempa untuk memiliki karakter pemimpin yang inovatif.  Inovatif adalah kata kunci yang harus dimiliki oleh generasi ini agar mampu menerima tantangan perubahan zaman yang semakin cepat. Tanpa inovasi, kita akan tertinggal jauh dari bangsa-bangsa lain. Karena itu Ekayana Ehipassiko perlu menanamkan jiwa pemimpin yang inovatif sedini mungkin.

Siswa dimasukkan ke dalam kelompok-kelompok yang dipandu oleh mentor-mentor yaitu para guru. Satu kelompok terdiri dari siswa-siswi SMP juga kakak-kakak kelas mereka di SMA. Pembagian ini bertujuan agar kakak-kakak kelas dapat membimbing adik-adik kelas mereka—prinsip brother and sister yang sedang dibangun sekolah.

What Makes a Good Leader?

Pertanyaan ini selalu menjadi topik yang hangat terutama di dunia pendidikan. Suatu saat nanti para siswa akan berada di dunia industri, dan mereka akan menghadapi tantangan. Mereka akan membutuhkan keterampilan untuk menyatukan orang dalam satu tim, menyelesaikan hal-hal baru, memecahkan masalah, menciptakan peluang dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tingkat SMP dan SMA memiliki peranan yang penting. Osis merupakan suatu sarana berlatih berorganisasi, bekerjasama, dan berkolaborasi agar mereka siap saat terjun ke dalam masyarakat.

Innovator Leader

Orang-orang seperti Steve Jobs, Thomas Alva Edison adalah contoh klasik dari pemimpin-pemimpin inovatif. Inovasi sendiri adalah sebuah usaha kolaboratif yang berawal dari ide, lalu dikembangkan dan akhirnya diimplementasikan. Proses ini melibatkan banyak orang dengan berbagai keahlian. Pemimpin yang inovatif adalah orang yang visioner dengan ide-ide besar dan, dapat memotivasi orang di sekeliling mereka untuk mengubah ide-ide itu menjadi kenyataan.

 

Mengingat betapa pentingnya hal ini, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP dan SMA yang mengelola acara ini bersama dengan para guru memasukkan permainan-permainan yang menitikberatkan pada kolaborasi, kerjasama, kreatifitas, kedisiplinan. Seperti mengeluarkan bola pingpong dari pipa paralon dan permainan mencari sekutu. Seminar-seminar kebangsaan dan kepemimpinan tak lupa diberikan agar anak-anak bisa memahami betapa pentingnya peranan generasi muda karena dalam genggaman merekalah masa depan bangsa ini.

Yang tak kalah serunya, para siswa juga diwajibkan untuk memasak sendiri. Panitia memberikan uang sebesar Rp. 10.000 per orangnya untuk dibelanjakan kebutuhan makan pagi. Uang harus dihabiskan dan pengeluaran harus dicatat. Kegiatan memasak ini benar-benar seru. Para siswa yang belum pernah memasak pun jadi belajar melakukannya. Mereka melakukan kerja tim dengan penuh inisiatif. Membagi tugas dengan cepat dan tidak hitung-hitungan. Tanpa disuruh, piring-piring yang kotor langsung dicuci.

Sekolah bukan hanya sebuah tempat pendidikan formal, tetapi juga tempat anak-anak ditempa secara mental dan karakter untuk siap menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Kepemimpinan yang inovatif itu tidaklah instan, itu membutuhkan proses. Sehingga memberikan benih dan fondasi pada para siswa melalui acara Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa sangatlah diperlukan. Dan untuk itu Ekayana Ehipassiko School beserta unit-unit di dalamnya berkomitmen untuk terus mengadakan acara-acara seperti ini sebagai bagian dari kontribusi mencerdaskan kehidupan Bangsa dan melahirkan pemimpin-pemimpin di masa depan.