JM Services - шаблон joomla Создание сайтов
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

Fotografer : Stephanie dan Hanni T
Kontributor : Yarma, S.Pd.B

Siswa Ehipassiko School sedang panen sayur di kebun orang tua asuh saat Live In VI di Thekelan Kec. Getasan Kab. Semarang

23 Desember 2017-Dusun Thekelan Kecamatan Getasan Kab. Semarang.

Be Grateful be Happy
Inilah tema Live In VI Ehipassiko School BSD 2017.
Tanggal 17 Desember 2017 rombongan Live In VI berangkat menuju Thekelan, Semarang, tepatnya di Lereng Gunung merbabu. Ketika sampai di lokasi sudah jam 21.00 disambut guyuran hujan lebat dan dingin. Tempat yang pertama kali kita akan berpindah transportasi dari Bus ke mobil pick up terbuka ada di STAB Syailendra dan  rombongan harus melanjutkan perjalanan dengan mobil pick up yang biasa dipakai untuk angkut sayur dan pupuk, tapi rombongan tetap grateful and happy seperti tema.


Kurang lebih pukul  21.30 WIB malam semua rombongan sampai di Vihara Buddha Bhumika di sambut dinginnya lereng Merbabu dan dihangatkan oleh sambutan masyarakat dan makan malam yang hangat, dan panitiapun langsung menyerahkan peserta Live In ke Orang Tua Asuh mereka agar besok pagi mereka bisa langsung beraktivitas ke ladang bertani sayur, mencangkul, memupuk tanah, memanen sayur dan mencari rumput untuk makanan ternak. Ada juga yang memeras susu sapi.

Live In ke enam ini sengaja memilih Thekelan di Lereng gunung Merbabu, Kabupaten Semarang karena kehidupan dan kearifan lokal masyarakat setempat masih sangat kental dengan suasana toleransi yang sangat kuat. Kondisi ini menjadi sangat tepat untuk melatih peserta hidup terlepas dari suasana kota BSD yang dikelilingi oleh suasana kehidupan kota yang penuh dengan kemewahan dan hidup yang sangat individualis. Setiap bangun pagi peserta langsung beribadah ke vihara setelah itu langsung pulang untuk makan pagi yang disediakan oleh orangtua asuh dan dilanjutkan pergi ke ladang untuk menanam sayur, memupuk tanah, memanen, mencari rumput untuk sapi dan ada juga yang memerah sapi. Semua yang peserta Live In lakukan sangat jauh berbeda dengan rutinitas mereka sehari-hari di BSD dan dengan cara inilah Ehipassiko School BSD menumbuhkan dan mengembangkan karakter positif berupa rasa empati, peduli, disiplin, saling menghargai dan lainnya.

Setelah berlangsung kurang lebih satu minggu, banyak sekali peserta Live In yang menyampaikan kesan mereka tentang sesuatu yang baru yang jauh berbeda dengan hidup mereka di BSD. Bahkan ketika malam perpisahan dengan orang tua asuh mereka, tidak sedikit yang menitikan air mata karena terharu. Pak Citro sebagai Tokoh masyarakat Thekelan sekaligus ketua Vihara Buddha Bhumika mengatakan : " Live In Ehipassiko kali ini adalah yang terlama, paling berkesan, karena semua peserta dan panitia sangat kooperatif dan komunikatif, terutama komunikasi antara peserta dengan orang tua asuh yang terjain dengan baik, meskipun kendala bahasa tapi tidak menjadi masalah".

Sebagai ketua Live In VI, Bapak Yarma, S.Pd.B mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan Live In VI ini, seperti: Sangha Theravada Indoesia, Donatur, Orang Tua, peserta Live In dari dalam dan luar sekolah Ehipassiko, Dayaka Sabha Vihara Buddha Bhumika, Orang tua asuh, seluruh panitia, Yayasan Pancaran Dharma Ratana dan semua pihak yang yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

Smoga kegiatan ini benar-benar membawa manfaat positif bagi perkembangan karakter peserta Live In yang terdiri dari SMP dan SMA Ehipassiko dan peserta dari luar sekolah Ehipassiko School BSD. Semoga Live In berikutnya dapat dilaksanakan lagi di tempat yang sangat tepat untuk pengembangan karakter yang baik.

Smoga Semua Berbahagia

Sadhu...Sadhu...Sadhu....

 

 

Berikut adalah beberapa dokumentasi Live In VI Ehipassiko School BSD 2017: 

Kegiatan mencari rumput untuk memberi makan ternak sapi

 

 

Umat Buddha Vihara Buddha Bhumika dan Peserta Live In VI sedang memberikan makanan kepada Anggota Sangha (Pindapatta)

Alvito salah satu peserta Live IN VI sedang membantu memanen sayuran

 

 

 

Aurora salah satu peserta Live In sedang membantu membersihkan tanaman dari rumput liar

 

Peserta Live In akan memanen Jagung

 

Kegiatan memanem sayuran pada pagi hari

 

Foto Bersama menjelang pulang ke Ehipassiko School BSD Kota Tangerang Selatan