INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-083-8910-66688

Written by Administrator
Hits: 690

Jurnalis : Djuwita Ratna Wati
Fotografer : Didit Sukmauluddin

Ehipassiko School BSD bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi untuk ke-3 kalinya mengadakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada hari Senin, 1 Agustus 2016. Sasaran dari kegiatan ini adalah untuk para guru, siswa-siswi SMA yang telah berusia 17 tahun, orang tua murid, dan masyarakat di sekitar sekolah. Pendaftaran untuk donor darah dibuka pukul 08.30 dan berakhir pukul 11.30. Banyak orang yang mendaftar, ada yang berhasil mendonorkan darahnya, tapi ada pula yang belum berkesempatan mendonorkan darahnya karena berbagai faktor.

Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah yang ada di Indonesia adalah pendonor berusia 17 hingga 65 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg, dengan tekanan darah Sistole 100-170, dan Diastole 70-100, serta memiliki Hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dl. Setelah hal-hal tersebut telah terpenuhi, maka harus lulus syarat berikutnya, yaitu memiliki tubuh yang sehat. Hal ini penting mengingat darah akan masuk ke dalam tubuh orang yang membutuhkan. Jika pendonor memiliki penyakit tertentu, maka dapat mempengaruhi kondisi kesehatan penerima.

Mr. Setiadi selaku kepala sekolah SMP Ehipassiko School BSD sangat mendukung kegiatan ini. Beliau juga mengungkapkan, "Bagi saya kesempatan besar untuk dapat berdonor darah karena sumbangsih ini bisa menyelamatkan banyak orang sekaligus kesempatan untuk bersyukur. Karena orang yang bisa mendonorkan darahnya adalah orang yang sehat. Selain itu, pendonor juga mendapatkan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan memproduksi sel darah yang baru sehingga bagi saya berdonor merupakan kebajikan yang istimewa".

Salah satu siswa SMA kelas 12 IPA, Handi Thenadiputto setelah berdonor darah menceritakan pengalamannya, "Ini adalah ke-3 kalinya saya berdonor darah. Saat proses donor darah, saya merasa pasrah agar rasa sakitnya tidak begitu kuat saat jarumnya menusuk ke bagian lengan saya. Ada 2 hal yang saya rasakan setelah mendonorkan darah, yaitu : sedikit lemas dan senang karena telah berhasil melawan rasa takut untuk mendonorkan darah. Jadi, janganlah takut untuk donor darah. Selain bisa membantu orang lain, bisa juga membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh".
Jadi, ayo donor!

Kegiatan donor darah berikutnya pada tahun ajaran 2016-2017 ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 November 2016 dan 14 Februari 2017. Diharapkan, semakin banyak orang lagi yang dapat bersumbangsih dalam menanam ladang berkah ini sehingga dapat menolong mereka yang membutuhkannya.

Category: