INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 78

 

                                                                                                                              Jurnalis: Ellen Conny 

                                                                                                                              Fotografer: Tim Ekayana Ehipassiko School BSD 

MERDEKA!! Pekik kemerdekaan terdengar di seluruh lapangan sekolah Ekayana Ehipassiko BSD pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019 yang lalu. Meskipun panas, tetapi terik matahari tidak menurunkan semangat para siswa dalam melakukan upacara bendera. Dengan hikmat, para siswa, pimpinan, pemimpin unit dan seluruh staff pengajar mendengarkan amanat Pembina upacara Bapak Setiawan Tanadi, S.T.,M.Si selaku kepala sekolah unit SMP, SMA tentang pentingnya menjadi unggul di setiap bidang yang digeluti untuk memajukan Indonesia.

 

Perasaan penuh hikmat itu pun berubah menjadi menyegarkan ketika anak-anak dari unit SD menyanyikan lagu-lagu nasional dengan pianika, seruling, keyboard dan angklung. Keriangan dan kegembiraan itu pun langsung menular, dengan riang dan penuh semangat unit SMP dan SMA pun tak ingin ketinggalan bernyanyi mengikuti adik-adik kelas mereka. 

Yang tak kalah menarik dan fun, tahun ini diadakan flash mob gabungan dari seluruh unit. Guru-guru pun tak ingin ketinggalan bergabung bersama para siswa. Dan tak cukup sekali, flash mob sampai diulang 4 kali! Karena semua peserta terus berteriak “MORE! MORE! MORE!” Acara gabungan ini adalah salah satu kegiatan untuk terus memupuk semangat kekeluargaan dan satu tim di Ekayana Ehipassiko BSD.

Formasi 74 

Untuk memeriahkan ke 74 tahun Indonesia merdeka, seluruh siswa dari unit SMP dan SMA membentuk formasi 74. Sebagian siswa memegang kertas putih dan merah di kepala mereka sementara teman-teman lainnya yang berada di sekeliling menggenggam balon merah dan putih yang kemudian dilepaskan secara bersamaan. Kegiatan ini membuat perayaan ke 74 tahun ini menjadi sangat seru memupuk rasa penuh kesadaran juga mampu menularkan semangat kreativitas.

 

Permainan Tradisional

   


Anak-anak SD bermain dan berkreasi untuk memeriahkan HUT RI. Lomba-lomba yang diadakan tahun ini kental dengan nuansa permainan tradisional dan kerja tim, sejalan dengan motto tahun ini, “We are one team, one family.” Sebelum lomba dimulai, ada prosesi makan kerupuk massal, di mana ratusan kerupuk digantung dengan tali, dan para siswa berlomba menyantapnya. Suasana seru dan ceria pun terbangun. Anak-anak kelas 1-3 SD bermain estafet kelereng, hole in one, and bakiak. Sementara anak-anak kelas 4 – 6 SD bermain bakiak, mengisi pipa paralon dan berkreasi dengan bahan daur ulang. Keseluruhan permainan ini bertujuan menanamkan rasa cinta tanah air, berkesadaran terhadap lingkungannya, nasionalisme, sekaligus memperkuat kerja tim.

 

Kemeriahan tradisi HUT RI

 

 

Permainan tradisi yang biasa kita temukan pada HUT RI dilakukan di unit SMP dan SMA. Permainan-permainan seperti tarik tambang, lomba balap karung, estafet kelereng, dan yang tak kalah menarik adalah lomba mengisi pipa paralon yang sudah dilubangi. Semua perlombaan mengusung tema kerja tim dan juga semangat kekeluargaan. Permainan-permainan tradisi seperti inilah yang membuat perayaan kemerdekaan semakin punya nilai tradisi, dan semoga di kemudian hari bisa terus diwariskan oleh generasi mendatang.

Semoga dalam usia ke 74 tahun ini, Indonesia dapat terus maju dan tidak kalah dengan bangsa-bangsa yang berusia ratusan tahun lamanya. Dengan menggalang semangat optimisme, kerja keras, berkesadaran terhadap lingkungan dan kebutuhan bangsa, Ekayana Ehipassiko dapat terus berkontribusi dalam menciptakan manusia-manusia unggul dan berkarakter bagi bangsa ini.

Galang Semangat Satu Tim Satu Keluarga!!