INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-083-8910-66688

Written by Administrator
Hits: 931

Jurnalis : Karsini
Fotografer : Guru SDS Ehipassiko School

Pindapata merupakan salah satu tradisi umat Buddha untuk melakukan perbuatan baik yaitu dengan berdana makanan atau kebutuhan sehari-hari kepada bhikkhu. SDS Ehipassiko School sejak tahun ajaran 2015/2016 telah mengadakan kegiatan pindapata di sekolah. Sungguh merupakan kegiatan yang baik karena mendapat kesempatan untuk menambah perbuatan baik dengan berpindapata. Pindapata dapat menjadikan karakter positif bagi anak karena melatih anak untuk dapat berbagi terutama kepada anggota Sangha.

Di dalam Sanghanussati telah dijelaskan bahwa Sangha merupakan ladang yang subur untuk berbuat kebajikan. Sehingga jika ada kelas mendapat giliran untuk mengikuti pindapata maka anak-anak sangat bersemangat untuk turut serta berbuat kebajikan.

Pindapata di Ehipassiko School dilakukan dengan cara memasukkan nasi, sayur dan lauk pauk ke dalam patta oleh siswa-siswi sendiri secara bergantian. Tujuan diadakannya pindapata selain untuk memupuk perbuatan baik, juga untuk menumbuhkan sikap murah hati dan menumbuhkan generasi buddhis yang baik dan bijaksana.

Category: