INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-083-8910-66688

Written by Administrator
Hits: 1990

Jurnalis : Karsini
Fotografer : Liony Chen

Sekolah Ehipassiko BSD setiap tahun merayakan hari raya agama Buddha, yaitu Asadha, Kathina, Magha Puja dan Waisak. Pada hari Senin, 20 Februari 2017, siswa-siswi SDS Ehipassiko School BSD mengadakan perayaan hari Magha Puja yang dihadiri oleh Y.M Bhante Attadhiro. Seperti pada perayaan hari besar agama Buddha lainnya, perayaan Magha Puja diawali dengan prosesi puja yang dibawakan oleh siswa-siswi kelas 4 SD Ehipassiko BSD.

Magha Puja merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi agama Buddha. Magha Puja terjadi pada bulan Magha sehingga Magha Puja selalu diperingati setiapa tahunnya oleh umat Buddha termasuk Ehipassiko School yang merupakan sekolah bercirikan buddhis.

Pada saat zaman Buddha Gautama terjadi peristiwa agung yang istimewa dan menjadi dasar peringatan Magha Puja. Peristiwa tersebut berlangsung di hutan Veluvana, yaitu :

  1. Berkumpulnya 1.250 bhikkhu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  2. Mereka semuanya telah mencapai tingkat arahat.
  3. Mereka ditahbiskan sendiri oleh Sang Buddha dengan kata Ehi Bhikkhu.
  4. Sang Buddha membabarkan Ovadapatimokkha kepada mereka.

SDS Ehipassiko School mengadakan perayaan Magha Puja tersebut yang akan bermanfaat bagi kelestarian dan perkembangan Buddha Dhamma sesuai dengan makna yang terkandung dalam hari raya Magha Puja. Hal ini bertujuan agar siswa-siswi SDS Ehipassiko School BSD dapat mengembangkan diri dengan banyak melakukan kebajikan.

Dalam dhammadesananya, Y.M. Bhante Attadhiro menyampaikan isi dari Ovadapatimokkha yaitu :


  1. Jangan berbuat kejahatan.
  2. Perbanyak perbuatan baik.
  3. Sucikan hati dan pikiran

Y.M Bhante juga berpesan kepada siswa-siswi bahwa jika kita dapat banyak melakukan kebajikan maka kita akan hidup bahagia dan sebaliknya jika kita melakukan perbuatan buruk maka kita tidak akan bahagia. Y.M. Bhante menutup dhammadesana dengan sebuah cerita yang terdapat pada relief candi Mendut berjudul Angsa dan Kura-kura dan siswa-siswi mendengarkannya dengan penuh semangat.

Terima kasih kepada seluruh rekan-rekan guru di Unit SD yang telah membantu demi suksesnya perayaan Magha Puja 2017. Juga terima kasih kepada siswa-siswi SD Ehipassiko yang telah bersikap baik selama acara berlangsung.

Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Sadhu sadhu sadhu.

Category: