INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-083-8910-66688

APA ITU SEKOLAH SADAR PENUH?

Sekolah sadar penuh adalah sekolah yang mengedepankan semua komponen yang ada dalam institusi pendidikan mulai dari siswa, guru,dan staff untuk mempraktekkan semua aktifitas dengan penuh kesadaran dan fokus, sehingga dapat tercapainya hasil pendidikan yang maksimal

Written by Administrator
Hits: 1028

Jurnalis : Ria Anggita
Fotografer : Tusita Maina Dewi


Liburan sekolah telah usai, saatnya siswa kembali bersekolah. Kegiatan awal tahun pelajaran Ehipassiko School BSD dimulai dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau sekarang dikenal dengan istilah MPLS. Masa pengenalan lingkungan sekolah bermanfaat untuk membantu persiapan siswa dalam menjalani kegiatan belajar mengajar. Semakin mengenali lingkungan dengan baik, siswa diharapkan bisa lebih nyaman dan siap mengikuti proses belajar di sekolah.

Kegiatan MPLS dilakukan pada tanggal 20 s.d 22 Juli 2016. Hari pertama, siswa berkenalan dengan wali kelas mereka dan juga kepala sekolah SD yang baru, dilanjutkan dengan permainan yang menguji kekompakkan, dalam hal ini permainan dipisahkan antara kelas kecil dan kelas besar. Mereka sangat antusias dan riang gembira mengikuti permainan tersebut, tidak terkecuali siswa kelas 1 yang baru saja mengenal guru-guru baru mereka.


Pada hari kedua kegiatan MPLS, siswa mengikuti kegiatan pujabakti dan sosialisasi tata tertib sekolah. Pujabakti bersama merupakan acara rutin yang dilakukan di Ehipassiko School BSD. Melalui kegiatan puja bakti siswa dikondisikan untuk melatih ketenangan diri dan membangun energi positif. Acara puja bakti diikuti oleh seluruh siswa SD Ehipassiko School di ruang Dhammasala. Mereka semua mengikuti dengan khidmat dan tertib. Acara dilanjutkan dengan menghadirkan para guru dari Tim Seni sekaligus memperkenalkan guru baru yang mengajar seni. Siswa/i menyanyikan beberapa lagu diantaranya : Mars Siswa Ehipassiko School, Mars Ehipassiko School dan Hymne Ehipassiko School dan ditutup dengan kegiatan sosialisasi tata tertib sekolah, tujuanya adalah untuk menginformasikan kepada siswa mengenai peraturan yang berlaku selama di sekolah.


Hari ketiga MPLS, siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas kecil(1-3) dan kelas besar(4-6). Kelas kecil melakukan kegiatan touring sekolah, diawali dari lantai dasar hingga lantai 4. Touring sekolah ini dilakukan untuk mengenalkan ruangan-ruangan dan tempat-tempat yang ada di sekolah. Setelah pengenalan seluruh ruangan dan tempat di sekolah, diharapkan siswa mengetahui bagaimana sekolah mereka dan ruangan apa saja yang akan mereka gunakan selama belajar bersama.


Pada hari yang sama, siswa kelas besar melakukan kunjungan ke aula Jing Shi Tzu Chi di Pantai Indah Kapuk dan dilanjutkan ke hutan mangrove. Kunjungan ke aula Jing Shi bertujuan agar siswa mendapat pengajaran tentang budaya humanis yang membantu menumbuhkan kesadaran mereka akan rasa kemanusiaan. Selain itu para siswa juga berkeliling keseluruh area ruangan di aula Jing Shi. Banyak pengetahuan yang diperoleh siswa dari apa yang mereka lihat dan jelaskan oleh relawan Tzu Chi. Usai berkeliling aula Jing Shi, siswa melanjutkan perjalanan ke hutan mangrove. Di hutan mangrove ini siswa melihat langsung hewan monyet yang berkeliaran bebas. Siswa juga melihat langsung cara menanam pohon bakau dan apa manfaat yang diambil dari menanam pohon bakau tersebut.

Kami semua berharap siswa/i Ehipassiko School BSD bisa menjadi pribadi yang tidak hanya unggul dibidang akademik tetapi juga memiliki kesadaran diri, berkarakter serta berbudi pekerti.

Category: