Written by Administrator
Hits: 739

Rabu, 16 Maret 2016 SD Ehipassiko School BSD melaksanakan perayaan Maghapuja 2559 BE di ruang Dhammasala pada pukul 08.00 - 10.00 WIB yang diikuti oleh semua guru dan siswa SD Ehipassiko School. Perayaan Maghapuja berjalan dengan lancar. Rangkaian acara Maghapuja 2559 BE diawali dengan prosesi puja, yang bertugas adalah 10 siswa dan siswi kelas 3. Dilanjutkan dengan menyalakan lilin pancawarna dan dupa. Masing-masing lilin dinyalakan oleh perwakilan siswa kelas 1,2,4,6 dan pimpinan puja.


Puja bhakti Maghapuja dipimpin oleh 2 siswa kelas 5. Sebelum meditasi ada pembacaan Dhammapada oleh 3 siswa yang dipilih dari kelas 3. Saat meditasipun, semua siswa bersikap tenang dan rapi.


Siswa SD Ehipassiko School sangat antusias mendengarkan Dhamma ajaran Buddha yang disampaikan oleh Bapak Setiadi, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Ehipassiko School BSD. Penyampaiannya dikemas sangat apik dan ringan sehingga siswa mudah memahami apa yang disampaikan. Bapak Setiadi, S.Pd menyampaikan Dhamma mengenai makna Maghapuja yang merupakan salah satu hari raya besar agama Buddha. Pada hari Maghapuja, umat Buddha mengenang kembali beberapa peristiwa yang terjadi saat itu, antara lain :

  1. Berkumpulnya 1.250 bhikkhu di Veluvanaarama tanpa diundang.
  2. Mereka semua telah mencapai tingkat kesucian arahat.
  3. Mereka semua ditahbiskan sendiri oleh Sang Buddha dengan Ehibhikkhu Upasampada.
  4. Sang Buddha membabarkan Ovada Pattimokkha.


Ada beberapa siswa yang memperoleh penghargaan berupa hadiah dengan istilah Kekuatan Buddha bagi siswa yang menjawab pertanyaan dari Bapak Setiadi, sesuai dengan tema Magha puja SD Ehipassiko School BSD Tahun 2016 "Menjadi Siswa Buddha Yang Baik".

Sabbesatta Bhavantu Sukhitata. Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Category: