INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 137

 

Jurnalistik : Ragil Fatwa R, S.Pd.
Fotografer : Sarjono, S.Pd.

Foto Siswa SD Ehipassiko School BSD dalam mengikuti kegiatan MPLS dengan penuh suka cita

Rabu (18/7/2018) menjadi hari pertama siswa SD Ehipassiko School BSD kembali masuk sekolah. Selama tiga hari pertama siswa melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang dikenal dengan singkatan MPLS. MPLS merupakan perubahan Program Orientasi yang dahulu disebut dengan sebutan MOS (Masa Orientasi Sekolah).

Dengan berubahnya penamaan Masa Orientasi Sekolah, maka berubah juga program kegiatannya. Seluruh kegiatan MPLS sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 18 Tahun 2018 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.

MPLS diisi dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan untuk membangkitkan kembali semangat para siswa setelah liburan panjang. Hari pertama MPLS di SD Ehipassiko School BSD diawali dengan apel penyambutan siswa baru. Peserta upacara adalah gabungan siswa unit SD, SMP, SMA beserta para guru. Upacara dilakukan sekaligus memperkenalkan guru-guru yang akan mengajar di kelas mereka mulai dari unit SD, SMP, dan SMA.

Beragam aktivitas yang dilakukan setelah apel pun dilaksanakan dengan meriah. Adapun kegiatannya adalah permainan jembatan koran, memasukkan bola ke mangkuk, dan memasukkan benang ke jarum. Permainan dilakukan secara berkelompok dengan tujuan supaya para siswa saling mengenal dan bekerja sama. Siswa juga belajar untuk konsentrasi, sabar, dan focus dalam melaksanakan berbagai aktivitas. Ada yang berbeda di tahun pelajaran ini. Seluruh siswa dikenalkan dengan konsep sekolah berbasis mindful school, di mana SD Ehipassiko akan mengajarkan siswa agar dapat menjalankan aktivitas KBM di sekolah dengan penuh berkesadaran. Sebagai Mindful School, siswa juga harus dapat berlatih untuk berkesadaran penuh selama kegiatan MPLS berlangsung dengan berlatih jalan penuh kesadaran (yang dikenalkan dalam acara Mindful Walking pada saat MPLS). Para Siswa diajak untuk  menuliskan cita-cita serta ucapan terima kasih untuk orang tua. Hal ini dilakukan untuk membekali siswa sebelum kembali belajar di kelas.

Selama MPLS siswa mengikuti semua kegiatan dengan antusias dan gembira.  Dengan melaksanakan kegiatan dengan gembira, para guru juga bersemangat dalam mendampingi dan memandu acara. Semoga setiap acara yang dilaksanakan dalam kegiatan MPLS ini dapat memberikan kesan yang positif bagi seluruh siswa Ehipassiko School BSD, khususnya siswa SD Ehipassiko School BSD. Sungguh sebuah keembiraan bagi para guru karena dapat bertemu kembali dengan seluruh siswa dan rekan-rekan sekolah lainnya.