INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 83

Jurnalistik: Bayu Murdiyanto, S.S.
Fotografer : Sammaditthi, S.Dt.B.



Sabtu (28/07/2018) di tengah kekosongan hari karena weekday, SMP dan SMA Ehipassiko School BSD justru tampak riuh ramai, terutama di ruang RSG SMP Ehipassiko School BSD. Tampak beberapa orang tua siswa berbaris menunggu antrean untuk menandatangai berkas kehadiran dalam acara parents meeting, sementara itu para guru tengah disibukkan dengan menyambut para orang tua siswa ini. Parents meeting merupakan sebuah kegiatan terjadwal yang kerap dilaksanakan tiap tahunnya di Ehipassiko School BSD.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan dan komunikasi yang baik antara sekolah dan orang tua siswa sehingga dapat menemukan solusi terbaik dalam mendidik siswa. Guru sebagai garda terdepan dari perwakilan sekolah memang memiliki banyak waktu untuk bertatap muka dengan siswa. Namun demikian, tidaklah bijak jika seluruh proses pendidikan hanya diserahkan kepada guru karena di rumah para siswa juga membutuhkan pemantauan sehingga proses pendidikan berjalan masif dan terstruktur.

Dalam parents meeting kali ini unit SMP dan SMA menggabungkan unitnya, mengingat sebagian besar program kurikulum dan kesiswaan dianggarkan sama. Pembahasan yang dominan saat parents meeting kali ini adalah tata tertib siswa, panduan kurikulum selama satu tahun ke depan, dan kebijakan-kebijakan yang dirasa baru diterapkan di Ehipassiko School BSD, yaitu aktivitas mindfulness. Tak tanggung-tanggung, perwakilan Yayasan Pancaran Dharma Ratana, Febrian Temansjah, S.E., M.M. juga ikut menyosialisasikan program yayasan yang hendak diterapkan di Ehipassiko School BSD. Selain itu, pihak unit SMP dan SMA diwakilkan oleh Kepala Sekolah SMP dan SMA Ehipassiko School BSD, Setiawan Tanadi, S.T., M.Si.

Setelah penggabungan sosialisasi yang dilaksanakan di RSG SMP, wali kelas telah siap berada di kelasnya masing-masing untuk menjawab pertanyaan orang tua siswa terkait kebijakan yang baru saja disosialisasikan pihak yayasan dan kepala sekolah. Acara bersama wali kelas berlangsung selama 1 jam dan berakhir pukul 11.00 WIB. Orang tua siswa tampak antusias bertanya kepada wali kelas, mulai dari perkembangan putra-putri mereka selama proses belajar di sekolah berlangsung, hingga mempertanyakan kebijakan baru yang disosialisasikan pihak sekolah. Sebagian besar orang tua siswa menyatakan persetujuannya terhadap perubahan program sekolah, mengingat perubahan terbanyak terjadi di ranah akademik dan kedisiplinan siswa.

Dengan adanya aktivitas parents meeting ini diharapkan komunikasi antara siswa, orang tua, dan pihak sekolah dapat berjalan baik demi menunjang proses pendidikan anak didik Ehipassiko School BSD. Sudah barang tentu setiap proses pasti ada kendala yang akan dihadapi, maka dari itu sekolah sebagai penyelenggara pendidikan formal memerlukan komunikasi yang layak dan baik kepada orang tua siswa sehingga perangkat sekolah dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mendidik siswa.

BM/31072018

Berikut adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut: