INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 542

Jurnalis : Bayu Murdiyanto, S.S
Fotografer : Bayu Murdiyanto, S.S


Kiranya judul di atas dianggap perlu untuk dikaji saat ini dan menjadi urgensi issue. Hal tersebut disebabkan karena dalam mempersiapkan remaja yang siap bersaing di masyarakat diperlukan wawasan yang tentu tidak sedikit. Ditambah lagi dengan semakin signifikannya tingkat persaingan untuk memperoleh pendidikan berkualitas, maka siswa SMA tentu perlu menyusun strategi yang layak dan menimbun banyak pengetahuan serta wawasan. Dalam menyambut kebijakan MEA tentunya Indonesia harus bergegas dalam mempersiapkan diri agar tidak tertinggal. Salah satu hal yang perlu mulai dibenahi sejak dini adalah mempersiapkan wawasan luas para siswa, siswa SMA khususnya, agar mereka mampu menciptakan ide kreatif demi terjalinnya perkembangan Indonesia yang memiliki jati diri adiluhung.

Selasa, 13 Desember 2016 unit SMA Ehipassiko School BSD kembali mengulangi program andalannya, yaitu memberangkatkan seluruh siswanya untuk melakukan kegiatan orientasi kampus. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya ini bermula ketika keberhasilan SMA Ehipassiko School dalam bekerja sama dengan Universitas Jenderal Soedirman. Di tahun ini SMA Ehipassiko School BSD kembali lagi mengulangi keberhasilannya untuk bekerja sama dengan instansi pendidikan milik Negara, yaitu dengan Universitas Gadjah Mada, Institut Seni Indonesia, dan Universitas Negeri Yogyakarta.


Orientasi Kampus merupakan program SMA Ehipassiko School BSD dengan tujuan mengenalkan, mempersiapkan, dan mengimpelentasikan kehidupan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Harapannya siswa yang telah mengikuti Program Orientasi Kampus menjadi siap dalam menghadapi pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Diharapkan juga siswa SMA Ehipassiko School BSD dapat termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya ke universitas ternama di Indonesia.

Isi acara orientasi kampus selain berkeliling melihat fasilitas kampus, siswa juga diberikan arahan langsung oleh pihak humas kampus baik di UGM, ISI maupun UNY. Siswa diberikan informasi tentang bagaimana cara masuk dan melakukan perkuliahan di kampus. Siswa juga diberikan kesempatan langsung untuk berinteraksi dengan lingkungan universitas. Dengan adanya kegiatan ini siswa menjadi matang dalam menentukan pilihannya.

Di periode saat ini banyak siswa yang merasa pilihan jurusan yang menjadi tujuannya ternyata bukanlah pilihan yang tepat. Hal tersebut diperparah dengan tidak adanya sinkronisasi antara kebutuhan SDM dengan jurusan yang telah tersedia. Dengan demikian, siswa tidak menjadi adaptif dalam menyambut era yang disruptif. Program Orientasi Kampus SMA Ehipassiko School BSD diharapkan menjadi penengah dalam hiruk pikuknya Era Disruptif.

Category: