INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 605

Jurnalis : Eko Budi Pranyoto
Fotografer : Samma Ditthi


Kulon Progo, di bawah kaki Gunung Kelir tepatnya kegiatan Live In V Ehipassiko School BSD kali ini dilaksanakan. Tak jauh beda dengan Live In sebelumnya. Tema yang diambil pada kesempatan ini adalah "Menanam Kasih Menebar Cinta Di Bukit Menoreh". Ada beberapa alasan mengapa tema tersebut dijadikan sebagai pokok utama. Alasan yang pertama karena akhir-akhir ini sering terjadi krisis cinta dan kasih sayang yang menyebabkan kekerasan di berbagai tempat. Tidak hanya itu tema ini diambil agar siswa-siswi yang ikut kegiatan ini mampu berinteraksi, saling mencintai dan mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat khususnya lingkungan Budhis yang tinggal di pedesaan dekat Bukit Menoreh, tambah Mr. Eko sebagai ketua Live In V. Bapak Harsono selaku ketua vihara Giri Loka (tempat basecamp Live In V) sangat menyambut baik ketika tema ini dilontarkan pertama kali oleh panitia Live In V. Bhante Attha Dhiro juga turut hadir membimbing peserta Live In V setelah tema ini di angkat.

Adapun kegiatan Live In V setiap hari diawali dengan puja bhakti bersama di vihara dan bersama keluarga baru mengikuti Pindapatta. Acara dilanjutkan seperti biasa, siswa-siswi tinggal bersama keluarga yang telah ditentukan menjalani aktivitas. Diantaranya bercocok tanam, ambil rumput, membuat gula dan ada yang jualan di pasar sesuai profesi keluarganya. Kemudian pada malam hari diadakan anjangsana dari rumah ke rumah warga. Begitu empat hari berturut-turut kegiatan tersebut berjalan. Di hari kelima peserta Live In V menutup kegiatan dengan acara baksos bersama dan jalan-jalan bertualang di tempat wisata.


Ada banyak pesan disampaikan dalam akhir kegiatan Live In V. Bapak Anom selaku kepala desa Jatimulyo, "Jangan sekali-kali melupakan tempat ini karena kalian sudah mengukir sejarah di tempat ini", tutur beliau. "Semoga selama disini kalian dapat memetik hikmahnya, beginilah hidup kami di desa jangan lupakan kami", kata bapak Bari salah satu warga menyampaikan isi hatinya sambil menahan air mata. Bu Tini perwakilan dari Ibu Wandani menyampaikan banyak terimakasih dan berdoa semoga Live In selanjutnya bisa di sini lagi. Di akhir Kegiatan Live In V banyak hal yang dapat diambil dari kegiatan ini. Tetapi tak dapat dipaparkan satu persatu karena isak tangis warga yang berpisah dengan anak-anak tak mampu dibendung telah membanjiri ruangan Dhammasala Vihara Giri Loka. Hal ini telah membuktikan bahwa kegiatan Live In V dari tanggal 16-21 Desember tersebut tergolong lancar dan sukses.

Meskipun Direktur Ehipassiko School berhalangan hadir dalam kesempatan Live In V karena sakit, beliau mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Hal ini terbukti bahwa beliau mengerahkan kepala sekolah SMA dan kepala sekolah SMP Ehipassiko School beserta guru lain untuk hadir, memantau dan menemani siswa sampai acara berakhir demi kelancaran kegiatan tersebut. Tidak hanya guru dan kepala Sekolah, ketua OSIS SMA beserta jajarannya juga ikut andil membantu acara tersebut. Pemuda Giri Loka dan masyarakat Giri Mulyo sangat proaktif mendukung. Hampir semua kalangan seratus persen mendukung kegiatan Live In V ini. Semoga Live In selanjutnya bisa terlaksana di tahun depan.

Category: