INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 195

Jurnalis : Yudhistira Laturiuw
Fotografer : Sarjono


Sebagai sekolah Buddhis yang mengedepankan pendidikan berbasis budi pekerti, Ehipassiko School BSD sadar akan pentingnya menginkorporasikan praktik budi pekerti yang bernafaskan Buddhis dalam penyelenggaraan pendidikan. Berdana, sebagai salah satu poin yang penting dalam ajaran Buddha, dapat dipraktikkan dalam Pindapatta. Pindapatta, atau memberikan dana makan bagi para Bhikkhu Sangha, adalah salah satu wujud dana yang kami ajarkan bagi para siswa. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Ehipassiko School berdiri, dan sudah kami jadwalkan sejak rutin dari bulan Januari 2016.

Senin, 8 Agustus 2016, Ehipassiko School BSD kembali melaksanakan kegiatan Pindapatta. Pindapatta ini merupakan Pindapatta rutin yang pertama kali dilaksanakan di tahun ajaran 2016-2017. Pindapatta ini dihadiri oleh Yang Mulia Bhikkhu Atthadhiro, dan dilaksanakan oleh kelas XII IPA SMA Ehipassiko School. "Pindapatta yang dilaksanakan di sekolah oleh para siswa hendaknya tidak hanya berupa makanan kering, minuman, atau obat-obatan saja, tetapi juga berupa makanan, seperti yang dilaksanakan oleh para Bhikkhu Sangha pada zaman Guru Agung Buddha", pesan Bhikkhu Atthadhiro.


Selain untuk mengajarkan para siswa untuk berdana melalui berbagi, Pindapatta ini juga ditujukan untuk melestarikan budaya Pindapatta yang telah dilaksanakan selama ribuan tahun oleh para umat Buddha. Apa kata mereka ? Berikut sebagian pendapat siswa :

  • "Kegiatan yang bagus, kalau bisa lebih sering diadakan", Nadya, XII IPA.
  • "Momen berharga, karena melatih kita berbuat kebajikan", Richard, XII IPA.
  • "Kegiatan yang membawa pengaruh baik", Glenn, XII IPA.
  • "Melatih memperbanyak perbuatan baik", Sherina, XII IPA.
  • "Sangat mendidik kita untuk belajar berdana", Keeven, XII IPA.

Dikarenakan sudah terjadwal dan terprogram, setiap kelas dari unit TK, SD, SMP, dan SMA Ehipassiko School akan melaksanakan Pindapatta satu kali di tiap semester. Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar.

Sabbe satta bhavantu sukkhi tatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Category: