INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 709

Jurnalis : Sukardi, S.Pd.
Fotografer : Sarjono, S.Pd.

Jumat, 9 November 2018 Siswa SD Ekayana Ehipassiko School BSD kelas 4 s.d. 6 melaksanakan Field Trip di Taman Safari. Banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan pada hari tersebut, mulai dari persiapan, yaitu pada pukul 07.00 s.d. 07.20 WIB semua siswa kelas 4 s.d. 6 beserta guru melakukan breafing dan doa sebelum keberangkatan.

Setelah selesai berdoa, rombongan dibagi menjadi dua, yaitu bus pertama untuk kelas 4 dan 5, bus kedua untuk kelas 6A dan 6B beserta guru pendamping yang ditugaskan. Pukul 07.45 WIB rombongan berangkat menuju Taman Safari. Sampai di Taman Safari pukul 09.30 WIB, kemudian sesampainya di sana beberapa guru menuju loket untuk regristasi di Kantor Ticketing. Sambil menunggu, seluruh siswa diberi waktu untuk istirahat dan ke toilet.

 

Pukul 10.00 WIB rombongan dengan didampingi pemandu dari Taman Safari memulai perjalanan dengan bus. Perjalanan mengelilingi area satwa berlangsung satu jam. Saat mengelilingi area satwa, seluruh siswa sangat antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh pemandu. Seluruh siswa melihat aneka satwa yang ada dengan penuh kekaguman karena beberapa siswa belum pernah melihat bentuk asli hewan yang mereka lihat melalui media.

 

Penjelasan dari pemandu ditulis oleh setiap siswa pada buku masing-masing agar informasi yang diperolehnya dapat disalin pada laporan yang sudah ditugaskan oleh guru. Setiap jenis hewan yang ada di area satwa dijelaskan satu persatu oleh pemandu sehingga siswa merasa puas atas informasi yang diperolehnya. Beberapa siswa sudah mengetahui jenis dan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya karena sebelumnya sudah dijelaskan pada saat KBM di sekolah. Di samping itu, siswa juga menanyakan informasi kepada pemandu. Pemandunya pun menjawab pertanyaan siswa dengan jelas dan mudah dipahami. Akhirnya kegiatan mengelilingi area satwa pun selesai pada pukul 11.00WIB.

 

Setelah berkeliling melihat satwa, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi kubah burung dan baby zoo selama 30 menit. Rombongan tidak hanya sekadar melihat hewan yang terdapat di area tersebut, tetapi juga belajar tentang jenis burung berdasarkan bentuk paruh, bentuk kaki, dan cara beradaptasi dengan lingkungannya. Tentunya ini menjadi pengalaman yang sangat menarik bagi siswa bahkan bagi guru pun ini hal yang bagus untuk media pembelajaran. Saat mengelilingi kubah burung ini sesekali guru menjelaskan kepada siswa tentang adaptasi hewan tersebut.

 

Pukul 11.30 s.d. 12.00 WIB rombongan makan siang dengan disuguhi atraksi aneka satwa. Banyak sekali hal yang menarik dalam atraksi ini, salah satunya adalah atraksi anjing yang begitu lihainya melakukan atraksi melompat, membuang sampah, dan lainnya. Sampai hamster pun ikut berperan dalam atraksi ini. Semakin mengagumkan ketika ada orang utan yang meluncur ke area panggung dari belakang penonton. Semua penonton pun bersorak.

 

Walaupun hujan deras seluruh rombongan tetap bersemangat melaksanakan kegiatan. Seluruh siswa dan guru pun memakai jas hujan dan membawa payung untuk berjalan kaki menuju area yang harus dikunjungi. Jarak setiap area cukup jauh sehingga beberapa siswa berpisah dengan rombongan. Namun, tak lama kemudian rombongan yang tertinggal dapat menyusul rombongan yang di awal. Setelah beristirahat sejenak kami melanjutkan perjalanan menuju ke tempat atraksi lumba-lumba pada pukul 13.00 s.d. 13.30 WIB.  Atraksi lumba-lumba sangat menghibur karena anak terlihat enjoy dan bahagia. Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan menuju cowboy show. Jarak antara tempat atraksi lumba-lumba dengan cowboy show tidak begitu jauh hanya sedikit menanjak sehingga beberapa siswa mengeluh lelah, tetapi mereka tetap semangat melanjutkan dan tidak mau istirahat terlebih dahulu. Sesampainya di tempat cowboy show ternyata kami masih menunggu dan sudah banyak yang mengantre karena cowboy show mulai pukul 14.00 WIB. Beberapa siswa mengantre, tetapi banyak juga yang menggunakan waktu tersebut untuk bermain dan bercanda dengan teman-temannya. Waktu menunjukkan pukul 14.00 WIB kamipun masuk ke dalam area cowboy show dengan memilih tempat duduk yang nyaman. Setelah 15 menit menunggu, acara cowboy show dimulai dengan atraksi dari para pemain yang membuat kagum sekaligus kaget karena bunyi senapan. Setelah selesai kami berkumpul sebentar untuk memeriksa kembali jumlah siswa per kelas dan memakai jas hujan atau payung karena saat itu hujan belum reda, kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju tempat atraksi singa laut.

 

Pukul 15.00 WIB kami sampai di tempat atraksi singa laut, sebelum dimulai 3 singa laut sedang melakukan pemanasan  bersama dengan para pelatihnya. Setelah menunggu 15 menit atraksi di mulai dari memperkenalkan nama masing-masing singa laut beserta umurnya. Selama atraksi anak-anak merasa senang sekali menikmati pertunjukan singa laut walaupun perjalanan jauh. Setelah selesai kami bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju tempat parkir dan melakukan sesi foto bersama, kemudian kami berdoa dan siap untuk melakukan perjalanan kembali ke sekolah.

Berikut Dokumentasi lainnya: