INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 280

 

 Jurnalis : Mega Setia Ediana, S.Pd.
Fotografer : Roch Aksiadi

Kamis – jumat tepatnya tanggal 13- 14 Desember 2108 siswa dan siswi SMP Ekayana Ehipassiko School BSD mengikuti kegiatan fieldtrip yang dilaksanakan di Bandung- Lembang dengan tema “Building student character through science and outdoor learning“, melalui tema tersebut diharapkan siswa dapat membentuk karakter melalui pembelajaran di luar ruang kelas. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari satu malam dan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin SMP  Ekayana Ehipassiko School BSD. 

Pada kunjungan pertama siswa siswi peserta fieldtrip pergi mengunjungi  Vihara Vimala Dharma di sana kami melaksanakan kegiatan  puja bakti yang dipimpin oleh siswa siswi  yaitu Anantaujas Cipta Adinata dan Deviana Purnamasari Onggo. Setelah selesai puja bakti ada sharing dari pengurus Vihara yaitu Ibu Monita yang menceritakan tentang asal usul Vihara Vimala Dharma, setelah itu kami diajak berkeliling disekitar Vihara Vimala Dharma. Setelah Makan siang kami semua pergi kunjungan kedua ke Bandung Science Center (BSC), BSC merupakan pusat science terbesar di kota Bandung di sana siswa siswi peserta fieldtrip belajar tentang ilmu-ilmu science dan matematika seperti mempelajari tata surya dan bangun ruang. Setelah kami berkeliling di BSC kami semua melihat pertunjukan  musik percussion dari “Tatalu percussion” dimana percussion ini memakai barang-barang bekas yang dijadikan alat musik. Setelah selesai dari BSC semua  rombongan peserta field trip bermalam  di Cikole Jayagiri Bandung.  Setelah makan malam  acara selanjutnya adalah  talent show, dalam acara talent show ini siswa siswi yang sebelumnya telah dibagi dalam beberapa kelompok menampilkan bakat mereka masing-masing seperti menyanyi,drama, membaca puisi dan menari.Setelah selesai acara talent show siswa siswi kembali kekamarnya untuk beristirahat.

Pada hari kedua siswa siswi peserta fieldtrip melaksanakan kegiatan outbond atau fun games yang di selenggarakan oleh Bandung Treetop Adventure Park Cikole. Pada kegiatan outbond ini siswa siswi dibentuk kedalam beberapa kelompok, mereka diajak berkerjasama atau team work dalam menyelesaikan permainan ini, seperti permainan balock building dan space ronda. Setelah selesai outbond siswa siswi peserta fieldtrip mengunjungi floating market Bandung,di sini siswa siswi dapat melihat pasar yang berjualannya di atas perahu atau pasar apung, siswa siswi sangat menikmati makanan  dan jajanan khas Bandung yang dijual di floating market ini serta berfoto-foto di floating market.

Dengan acara fieldtrip ini siswa siswi dapat pengalaman membangun karaktek dengan ilmu-ilmu science dan pembelajaran di alam,karena proses pembelajaran bukan hanya di dalam kelas tetapi bisa juga pembelajaran di alam sekitar. Semoga dengan acara fieldtrip ini siswa siswi SMP Ekayana Ehipassiko School BSD dapat meningkatkan pengetahuan,meningkatkan teamwork sesama teman, serta mendapatkan karakter pribadi yang positif.

 

Dokumentasi lainnya:

 

 

Category: