INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 264

Jurnalis : Setiadi


Sehubungan dengan semakin dekatnya masa perayaan Tahun Baru Imlek yang merupakan festival tahunan yang sangat penting dan sangat berarti bagi masyarakat Tionghoa pada khususnya dan juga seluruh lapisan masyarakat yang ikut merayakan pada umumnya maka dengan ini, Ehipassiko School BSD mengangkat momentum ini sebagai proses pendidikan dan apresiasi keragaman budaya Indonesia akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dan acara untuk memeriahkan festival tersebut. Adapun Tema acara ini adalah "INDAHNYA WARNA NEGERI KU, INDONESIA".

Bangsa yang besar tidak hanya dinilai dari majunya peradaban dan kesejahteraan semata namun juga bagaimana masyarakat di dalamnya menghargai sejarah dan melestarikan budayanya. Kita bukan melupakan budaya bangsa melainkan kurang memberikan wadah untuk mengekspresikan kekayaan budaya kita. Sebagai lembaga pendidikan Ehipassiko School BSD ingin memberikan edukasi yang layak untuk dipelajari dan menghibur masyarakat dengan menyajikan budaya yang masih ada dan patut untuk di presiasi diantaranya :

A. Festival Barongsai
Bekerjasama dengan Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia ( PLBSI ) Banten membuat konsep kompetisi persahabatan antar Club untuk menunjukkan keahlian dalam atraksi Liong dan Barongsai yang memadukan unsur beladiri, seni dan kreativitas. Menyajikan pertunjukkan yang memiliki konsep cerita dan atraksi yang memukau dari para pemain yang terlatih dan akan berkompetisi untuk memperebutkan juara performance terbaik Ehipassiko Cup. Jadilah saksi mata dalam ajang bergengsi dan bersejarah ini, jadi rugi untuk dilewatkan.


B. Gambang Keromong
Kesenian Musik yang satu ini pas sekali untuk mewakili keragaman budaya di Indonesia baik secara tradisional maupun modern. Dari unsur budaya melayu, Jawa, Cina dan eropa membuat kesenian ini begitu ramai dan komplit untuk disaksikan sebagai keharmonisan keragaman budaya, kesenian ini juga sudah mulai sulit ditemukan di daerah perkotaan atau mulai langka, pas sekali untuk bernostalgia.


C. Wayang Po Tehi
Potehi berasal dari kata pou (kain), te (kantong) dan hi (wayang). Wayang Potehi adalah wayang boneka yang terbuat dari kain. Sang dalang akan memasukkan tangan mereka ke dalam kain tersebut dan memainkannya layaknya wayang jenis lain. Kesenian ini sudah berumur sekitar 3.000 tahun dan berasal dari Tiongkok. Menurut legenda, seni wayang ini ditemukan oleh pesakitan di sebuah penjara. Lima orang dijatuhi hukuman mati. Empat orang langsung bersedih, tetapi orang kelima punya ide cemerlang. Ketimbang bersedih menunggu ajal, lebih baik menghibur diri. Maka, lima orang ini mengambil perkakas yang ada di sel seperti panci dan piring dan mulai menabuhnya sebagai pengiring permainan wayang mereka. Bunyi sedap yang keluar dari tetabuhan darurat ini terdengar juga oleh kaisar, yang akhirnya memberi pengampunan. Pertunjukkan ini mulai langka, pelaku kesenian ini hanya terdapat di Semarang dan Surabaya jadi mumpung ada di BSD yuk ajak keluarga menyaksikan acara ini.

D. Bazar (Kuliner)
Hal menarik lainnya adalah Bazar yang terdiri dari beberapa stand Kuliner Legendaris di Tangerang dan makanan Khasnya, Perlengkapan Imlek, Stand Entrepreneur dari Siswa SMP dan SMA Ehipassiko serta, stand Budaya dari Universitas Bunda Mulia ( UBM ) yang akan memperkenalkan ketrampilan Khas dari daratan Cina. Bazar ini akan tersedia selama acara berlangsung ( 21-22 Januari 2017 ). Jadi bisa menjadi pilihan untuk belanja persiapan Imlek untuk keluarga.

E. Kelas Budaya
Fasilitas yang satu ini kami sediakan bagi para pengunjung yang ingin mempelajari keterampilan Khusus berkaitan dengan budaya Tiong Hoa diantaranya Belajar seni Kaligrafi yang akan diajarkan oleh Native dari Tiongkok. Memasak Vegetarian yang enak dan Sehat bisa menambah menu kuliner di Tahun Baru Imlek nanti.

F. Kompetisi
Ada beberapa perlombaan yang kami buka juga buat pegunjung yaitu lomba Karaoke lagu Mandarin dan Fashion Show Baju Khas Etnis Tiong Hoa selain menambah kemeriahan acara juga ditawarkan hadiah yang menarik istilahnya iseng-iseng berhadiah silakan daftar ke panitia jika berminat, bagi siswa Ehipassiko jangan kecewa buat kalian juga ada lomba Fashion Show tingkat TK-SD dan Koko Cici Award untuk tingkat SMP-SMA, buruan daftar ya hadiah menarik berupa uang tunai sudah menanti lumayan untuk menambah omzet Ang Pao.

Selain beberapa item acara di atas masih banyak pertunjukkan menarik lainya yang ditawarkan dan pihak sekolah juga akan memberikan harga khusus bagi calon siswa yang berminat untuk bergabung/mendaftar dengan kami selama acara berlangsung ditambah Souvenir menarik di Booth pendaftaran kami.

Demikian ulasan berkaitan dengan acara Imlek ini semoga kehadiran acara ini menambah kemeriahan Tahun Baru Imlek Tahun Ayam ini dan membawa berkah bagi kita semua.

Selamat menikmati dan salam sejahtera untuk kita semua.

Category: