INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 261

Jurnalis : Meirisa
Fotografer : Samma Ditthi


Menjelang liburan akhir tahun di semester gasal, SMP Ehipassiko School BSD sudah melaksanakan kegiatan FIELDSTUDY CAMP. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadaptasi dari pelaksanaan Fieldtrip dan Camp ala kegiatan Pramuka. Fieldstudy Camp kali ini mengambil tempat di Sukabumi, tepat nya di Tanakita Camping Ground, Kadudampit Situ Gunung, Sukabumi.


Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 & 14 Desember 2016. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Fieldstudy Camp kali ini. Terlihat dari semangat mereka saat Trekking menuju Curug Sawer yang berjarak 2Km dari lokasi camp. Salah seorang siswa kelas VIII, Farrell mengatakan bahwa walaupun jalannya turun naik, tapi ini tantangan banget, apalagi bisa main air di Curug bareng teman-teman, betul-betul menyenangkan.

Selama kegiatan Trekking menuju Curug Sawer, pemandu wisata, mengenalkan kepada anak-anak beberapa tumbuhan yang ditanam di area konservasi Gunung Gede Pangrango. Beberapa siswa banyak menggali informasi dengan aktif bertanya, terkait dengan area konservasi Gunung Gede Pangrango. Sesampainya di Curug Sawer, pemandangan alam begitu indah. Air yang begitu dingin pun tak menyurutkan sebagian siswa untuk bermain air.


Mengingat kegiatan Fieldstudy Camp ini merupakan gabungan kegiatan antara Fieldtrip dan Pramuka. Siswa tetap melaksanakan apel pembukaan Camp yang dipimpin langsung oleh Mr. Setiadi selaku Kepala SMP Ehipassiko School BSD. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pramuka Challenge yang menantang setiap regu pramuka untuk menyelesaikan setiap kasus dalam setiap pos.

Semakin malam acara semakin semarak, dengan adanya api unggun. Suhu Situ Gunung yang dingin tak membuat siswa menjadi pasif, namun semakin malam, siswa menunjukkan performance mereka melalui presentasi dan talent show.


Esok harinya Fieldstudy Camp ditutup dengan kegiatan yang menantang adrenalin yaitu Outbound Activity (High Ropes). Dipandu oleh fasilitator setiap siswa berhasil menyelesaikan misi untuk berpindah dari pohon satu ke pohon yang lain. Nicholas menuturkan bahwa ia senang sekali bisa melewati semua tantangan, intinya harus berani dan percaya diri.


Keseluruhan rangkaian acara Fieldstudy Camp berjalan dengan baik untuk menumbuhkan kemandirian, cinta alam, dan tanggung jawab kepada seluruh peserta Fieldcamp.

Category: