INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 317

Jurnalis : Samma Ditthi
Fotografer : Arif Lukman


Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru meruapakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 sebagai pengganti kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang dulu bernama kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru dan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016.

Salah satu tujuan diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah :

  1. Mengenali potensi diri siswa baru
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
  4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa


Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Ehipassiko School BSD dilaksanakan pada tanggal 20 s.d 22 Juli 2016. Pada hari pertama pelaksanaan MPLS dilakukan pembukaan oleh Bapak Setiadi S.Pd selaku Kepala Sekolah Unit SMP, yang bertempat di ruang Dhammasala lantai 4. Pembukaan MPLS oleh kepala sekolah ditandai dengan simbolis pemasangan name tag kepada siswa baru.

Dalam sambutannya Bapak Setiadi, S.Pd. selaku kepala sekolah unit SMP menekankan bahwa pelaksanaan MPLS ini sebagai sarana awal untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru. Karena lingkungan SMP berbeda dengan SD, dari pembelajarannya, lingkungannya, teman-temannya, budayanya, sehingga diharapkan dengan adanya MPLS ini akan membekali siswa baru dalam menempuh studi di kemudian hari. Selain itu beliau juga memperkenalkan struktur organisasi di unit SMP antara lain mengenai perkenalan wakil kepala sekolah dibidang kurikulum, kesiswaan, guru, jadwal dan mata pembelajaran.


Pada hari kedua, kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilaksanakan di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk. Kegiatan ini pertama kalinya sekolah Ehipassiko mengunakan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di tempat Aula Jingsi Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk. Dalam kegiatan ini diharapkan siswa siswi dapat menggali dan mengembangkan potensi yang ada didalam diri. Selain itu 57 siswa dan guru Ehipassiko diperkenalkan dengan berbagai macam kegiatan Tzu Chi antara lain adalah misi pendidikan, kesehatan, amal dan budaya humanis. Dengan melihat kegiatan Tzu Chi yang hampir sama dengan Visi dan Misi Ehipassiko School, dan inilah alasan pihak sekolah memilih yayasan Buddha Tzu Chi sebagai tempat pelaksanaan MPLS Unit SMP.

Dalam kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) kali ini, berbeda dengan kegiatan-kegiatan tahun lalu. Karena siswa siswi kali ini diajak langsung untuk berkeliling di Aula Jingsi, merekapun diperkenalkan dengan berbagai macam kegiatan Tzu Chi di antara lain misi pendidikan, kesehatan, amal dan budaya humanis. Selain itu siswa siswi diajak berkunjung ke studio DAAI TV. Siswa siswi bisa melihat langsung tayangan-tayangan atau program-program yang ada di studio DAAI TV, seperti film, liputan dan sebagainya. Siswa siswi pun diberi kesempatan langsung menjadi pembawa acara di salah satu program yang ada di DAAI TV.

Category: