INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 450


Sekolah sebagai penyelenggara kegiatan belajar mengajar wajib untuk mengakomodir kebutuhan setiap siswa dalam proses mendapatkan ilmu pengetahuan, baik dalam proses belajar mengajar di kelas maupun proses belajar mengajar yang dilakukan di luar kelas. Kegiatan belajar di luar kelas sering dikenal dengan istilah Field trip. Kegiatan Field trip merupakan sebuah kegiatan pembelajaran di luar kelas yang bertujuan menfasilitasi siswa untuk menyerap ilmu pengetahuan dalam kondisi yang sesungguhnya. Melalui Field trip diharapkan dapat menumbuhkembangkan kreativitas siswa dalam berpikir.


Merujuk pada latar belakang tersebut, SMP Ehipassiko School BSD menganggap perlu untuk mengadakan Field trip. Kegiatan Field trip kali ini mengunjungi empat tempat yaitu Museum Geologi dan Museum Pos Indonesia yang bertempat di Bandung, Vihara Vipassana Graha dan Floating Market yang bertempat di Lembang. Kegiatan Field trip berlangsung selama sehari, yaitu pada tanggal 4 Februari 2016.


Tempat tujuan pertama dalam field trip ini adalah Museum Geologi Bandung. Museum yang berisikan bebatuan, fosil, dan mineral ini dapat mengenalkan siswa terhadap nilai-nilai sejarah kehidupan dan juga tentang pelestarian alam.

Dilanjutkan kunjungan ke Museum Pos Indonesia dimana siswa dikenalkan kembali kepada sejarah Pos Indonesia beserta benda benda bersejarah lainnya yang berhubungan dengan surat menyurat seperti surat emas dari para Raja Nusantara atau beberapa koleksi seperti perangko dan alat pos bersejarah yang lainnya.


Selanjutnya para siswa mengunjungi Vihara Vipassana Graha yang bertempat di Lembang, Jawa Barat dengan tujuan peningkatan keyakinan siswa terhadap Agama Buddha.

Dan kunjungan terakhir adalah Pembelajaran tentang Entrepreneurship di Floating Market yang juga berada di Lembang, Jawa Barat.

Category: