INFO:

Jalan Letnan Sutopo Kav. B2 No.1-2 Sektor XIV.4 BSD City,
Tangerang Selatan

+62-21-5388-018
+62-8960-57-0000-9

Written by Administrator
Hits: 753

Jurnalis : Didit Sukmauluddin, S. Pd.I
Fotografer : Didit Sukmauluddin, S. Pd.I


Senin, 22 Oktober 2018
Anak-anak KB dan TK sudah tidak sabar menantikan hari dimana mereka akan mengikuti kegiatan outing ke Branchsto, BSD. Senin pagi, anak-anak sudah datang dengan wajah yang ceria. Mereka sangat antusias dan membayangkan bagaimana keseruan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. Sebelum berangkat, anak-anak berkumpul di main entrance sekolah untuk mendapatkan arahan dari guru-guru agar pelaksanaan kegiatan berjalan lancar. Tidak lupa mereka mengawali kegiatan dengan berdo’a bersama.


Setibanya di Branchsto, anak-anak dan para guru disambut hangat oleh kakak-kakak pendamping. Mereka mengajak kita ke tempat yang telah dipersiapkan. Disana, mereka memberikan arahan dan kegiatan apa yang akan dilaksanakan. Kegiatan tersebut di antaranya adalah mengenal berbagai macam kuda, cara merawat kuda, menunggang kuda dan kegiatan memanah.



Kegiatan pertama yaitu kegiatan mengenal kuda. Di sini, anak-anak mengenal berbagai macam-macam kuda. Ada kuda yang berasal dari Bali dan Sumbawa. Ada juga kuda yang di datangkan dari Belanda, Jerman, Spanyol dan Norvegia. Mereka juga mempunyai nama loh, ada yang bernama Sarah, Black, Descarado, Jersey dan sebagainya.


Kegiatan kedua yaitu cara merawat kuda. Nah, di sini anak-anak belajar bagaimana cara merawat kuda yang baik dan benar. Mereka belajar membersihkan kuku kuda, menyisir rambut kuda dan memberi makan kuda. Tahu ga teman-teman, dari penjelasan kakak pembimbing, para pekerja di sana memberi makan kuda sebanyak 6 kg pellet/hari, rumput 15 kg/hari dan air 20 liter/hari. Waow, banyak sekali ya teman-teman.


Dilanjutkan dengan kegiatan ketiga yaitu menunggang kuda. Anak-anak sudah tidak sabar lagi menunggu kegiatan ini karena kuda yang ditunggangi adalah si poni, kuda kecil yang imut-imut. Anak-anak sangat senang menunggangi si kuda poni. “Waow, seru banget. Aku pengen lagi naik kuda poni.” Sahut salah satu siswa yang ketagihan menunggangi si poni.


Kegiatan terakhir adalah kegiatan memanah. Tidak kalah serunya dari kegiatan menuggang si poni, kegiatan ini juga mengasyikkan loh. Anak-anak belajar bagaimana cara memanah, Dimulai dari cara memegang busur, anak panahnya dan juga memanah ke sasaran. Ternyata memanah itu gampang-gampang susah loh teman-teman. Olahraga ini, ternyata bukan hanya membutuhkan kekuatan semata. Namun, membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi.
Akhirnya, anak-anak telah mengikuti semua kegiatan di Branchsto dengan gembira. Mereka pun mendapatkan banyak pengalaman sesuai dengan tujuan pembelajaran yang bertemakan binatang. Harapan dari para guru dari kegiatan ini adalah anak-anak dapat memahami secara luas tentang jenis-jenis binatang di darat khususnya jenis-jenis kuda dari bermacam-macam negara.

 

Category: