KURIKULUM

SMP Ekayana Ehipassiko School

Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum yang digunakan oleh SMP Ekayana Ehipassiko adalah kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Penyesuaian yang dilakukan oleh SMP Ekayana Ehipassiko, antara lain :

  • Kurikulum 2013 menganut mata pelajaran IPS dan IPA terpadu, akan tetapi SMP Ekayana Ehipassiko memisahkan masing-masing pelajaran IPA menjadi Fisika dan Biologi Kimia yang terintegrasi ke dalam Mapel Biologi dan serta IPS menjadi Ekonomi, Geografi, dan Sejarah.
  • Hal ini kami lakukan karena kami yakin setiap peserta didik membutuhkan guru yang kompeten di masing- masing mata pelajaran sebagaimana disebutkan diatas.
  • Pelajaran IPA yang dipisah menjadi Biologi, Fisika, Kimia, akan menggunakan pembelajaran teoritis dan praktek, dengan tujuan memicu anak untuk terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan praktek dapat dilakukan walaupun secara daring, dengan kegiatan-kegiatan mudah terkait kompetensi yang sedang dipelajari. Jikalau memungkinkan, guru melakukan kegiatan praktek pembelajaran di laboratorium yang sudah tersedia di dalam sekolah untu ditunjukkan kepada peserta didik.
  • Jumlah Jam Pelajaran yang diampu oleh peserta didik saat PJJ sama dengan jumlah jam pelajaran yang diampu oleh peserta didik saat pembelajaran regular, yakni 10 jam pelajaran per hari dengan durasi 40 menit per mata pelajaran.
  • Jumlah sepuluh jam pelajaran setiap harinya tentu ditambah dengan jam 0, yang digunakan untuk kegiatan pembiasaan pagi yang bertujuan melatih kegiatan literasi dan perkembangan implementasi Kompetensi ASTA pada peserta didik.
  • Buku Bahasa Inggris yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mendorong anak untuk memiliki wawasan dan pengetahuan umum saat sedang belajar Bahasa. Hal ini dikarenakan buku yang digunakan merupakan buku dengan konsep CLIL (Content Language Integrated Learning) yang memadukan wawasan umum dengan Kompetensi Bahasa Inggris.
  • Mindful (sadar penuh) masuk ke dalam intrakurikuler dengan porsi 2 JP per minggu pembelajaran dengan tujuan agar peserta didik dapat lebih mengaplikasikan hidup sadar penuh.
  • Perbedaan lainnya dalam struktur kurikulum SMP Ekayana Ehipassiko dengan struktur kurikulum 2013 adalah pada kurikulum 2013, sudah tidak terdapat mata pelajaran teknologi informasi. Sekolah melihat bahwa kebutuhan akan literasi teknologi sangat diperlukan khususnya oleh para peserta didik selama masa pandemi ini, oleh karena itu sekolah tetap menerapkan adanya mata pelajaran Teknologi Informasi bagi peserta didik yang digabungkan ke dalam mata pelajaran Prakarya.