Kurikulum yang digunakan di SMA Ekayana Ehipassiko School adalah kurikulum nasional (K-13) yang dipadukan dengan pendekatan berbasis kesadaran (mindfulness). Pembentukan karakter tentunya merupakan tanggung jawab yang tak terpisahkan dari kurikulum. Melalui proses pembelajaran yang bermutu dan dengan menggali potensi diri, diharapkan murid-murid dapat menumbuhkan karakter yang baik dalam diri mereka masing-masing.
Parabola dalam matematika adalah salah satu pelajaran yang banyak diterapkan di sekitar kita. Contohnya, bagaimana cara membentuk jembatan gantung yang menghubungkan antarpulau dan menggunakan banyak tali baja. Tali-tali baja yang mengantung itu digunakan untuk menahan beban konstruksi jembatan dan jalan raya di bawahnya. Jarak antarparabola dihitung sedemikian rupa agar kuat dan stabil.
Kalian pernah melihat bentuk parabola di sekitar rumah? Seperti air yang dipancarkan ke atas akan jatuh dan lintasannya berbentuk parabola, begitu juga dengan lemparan bola basket dan tali yang digantung akan membentuk suatu parabola pula.
Murid diajak untuk melakukan percobaan di rumah masing-masing dalam menentukan persamaan fungsi kuadrat (parabola) sederhana. Bahan yang digunakan adalah tali sepanjang 90 – 130 cm yang ujungnya diikat ke pintu/pagar rumah, kemudian ujung yang lain dipegang dengan tangan. Dari parabola yang terbentuk, diukur jarak antara dua titik horizontal dan jarak titik puncak parabola ke garis horizontal tadi.
Kalian juga bisa melakukan percobaan sederhana lainnya, loh! Misalnya menentukan persamaan parabola dari lemparan bola basket/kasti atau lintasan pancuran air. Selamat mencoba yaaa!